Inilah Khasiat Buah Murbei Yang Perlu Kamu Ketahui

Murbei yang dalam bahasa latin disebut Morus alba L. merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai sumber pakan ulat, tanaman Murbei juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai bahan obat-obatan, desinfektan, dan antiasmatik. Manfaat tersebut terdapat dalam berbagai bagian tanaman dari mulai daun, ranting, buah, dan kulit.

Di Indonesia tanaman Murbei mempunyai banyak nama. Yaitu, besaran (Jawa Tengah dan Jawa Timur), kertu (Sumatra Utara), gertu (Sulawesi), kitaoc (Sumatra Selatan), kitau (Lampung), ambatuah (Tanah Karo), moerbei (Belanda), mulberry (Inggris), gelsa (Italia), dan murles (Perancis).

Tanaman Murbei memiliki percabangan banyak yang arahnya tegak, mendatar, dan menggantung. Semuanya tumbuh dari ketiak daun dan berbentuk bulat. Bentuk dan ukuran daunnya sendiri bermacam-macam, tergantung jenis dan varietasnya. Tapi daun bergerigi dan ujung atau membulat. Permukaan daun ada yang halus mengkilap, ada juga yang kasab.

Tanaman Murbei berasal dari Cina, tumbuh baik ppada ketinggian lebih dari 100 m di atas permukaan laut dan memerlukan cukup sinar matahari. Tanaman ini ketinggiannya bisa mencapai 9 m. Ukuran dan bentuk buahnya juga tergantung kepada jenis Murbei. Ada yang berwarna putih, putih kemerahan, ungu atau ungu tua sampai hitam. Di India utara Murbei dibiarkan tumbuh sebagai pohon di belakang rumah dengan tujuan untuk buah yang enak dan harum.

Kandungan kimia buah Murbei

Daun Murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, bsitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, benzaldehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol, serta mangandung phytoestrogens.

Bagian ranting Murbei mengandung tanin dan vitamin A, buahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam strearat, asam oleat, dan vitamin (karoten B1, B2 dan C).

Kulitbatang mengandung triterpenoids:A-, b-amyrin, sitosterol, sitosterol-a-glukoside. Flavonoid:Morusin, cyclomorusin, kuwanone A, B, C, oxydihydromorusin. Coumrins:Umbeliferone dan scopoletin.

Kulit akar mengandung derifat flavone mulberrin, mulberro-chromene, cyclomurberrine, cyclomurberrochromene, morussine, dan mulberrofuran A. Dan juga mengandung betulinic acid, scopoletin, A-amyrin, B-amyrin, undecaprenol, dan dodecaprenol.

Khasiat dan Manfaat buah Murbei

Daun Murbei berkhasiat untuk mengobati demam karena flu, malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, rematik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), kaki gajah (elephantiasis tungkai bawah), sakit kulit, bisul, radang mata merah (conjungtivitis acute), memperbanyak air susu ibu (ASI), keringat malam, muntah darah dan batuk darah akibat darah panas, kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), dan gangguan pada saluran pencernaan.

Kandungan vitamin A dan beta karoten yang terkandung dalam buah murbei sangat tinggi yang ampuh dalam menjaga kesehatan mata terutama untuk mengatasi keruksakan ringan pada retina, lensa mata, dan sistem syaraf mata.

Kandungan vitamin A dalam murbei mampu memperkuat dan mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan pada mata, dan menangkal radikal bebas.

Konsumsi jus murbei secara rutin agar terasa khasiatnya
Kulit akar berkhasiat untuk mengobati sakit gigi, tidak datang haid, batuk berdahak, sesak napas (asma), muka bengkak (edema), kencing yang nyeri dan susah (disuria), dan cacingan.

Buah berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung berdebar (palpitasi), kencing manis (diabetes mellitus), rasa haus dan mulut kering, sukar tidur (insomnia), batuk berdahak, pendengaran berkurang dan penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), tuli, tujuh keliling (vertigo), hepatitis kronis, sembelit pada orang tua, kurang darah (anemia), neurastenia, sakit otot dan persendian, sakit tenggorokan, serta  rambut beruban sebelum waktunya.

Ranting berkhasiat untuk mengobati rematik, tangan dan kaki terasa gatal dan sakit, sakit pinggang (lumbago), keram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Ramuan untuk hipertensi

Untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi, ambillah daun Murbei segar sebanyak 15 gram, cuci hingga bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring lalu dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore.

Itulah salah satu khasiat buah murbei yang perlu diketahui para penderita hipertensi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

  1. BOC Sciences is constantly seeking to expand our product lines by incorporating additional potential drug like molecules. Mulberrofuran G

    BalasHapus

Posting Komentar

Dan berikan komentar dengan sopan dan baik

Postingan populer dari blog ini

Tips Menyimpan Buah-buahan Agar Tetap Segar Dan Awet

Cara mengganti website (situs web) saat daftar adsense